SHARE

METROPOLITAN.ID | SINGAPURA – Asisten virtual besutan Apple yang hadir di perangkat iOS, Siri, dikenal sebagai salah satu fitur canggih yang dapat membantu aktivitas penggunanya di kehidupan sehari-hari.
Siri juga menjadi salah satu inovasi Apple agar pengguna iOS tak lagi repot mencari bantuan dengan mengetik di mesin pencarian. Hanya dengan mengucapkan ‘Hey Siri’, asisten virtual tersebut langsung merespon dan menawarkan bantuan, apakah pengguna ingin mencari lokasi di sebuah peta, memutar musik, memasang alarm, hingga meminta bantuan untuk menelepon. Siri rupanya tidak sendiri. Sekelompok tim robotik berhasil merakit sebuah perangkat yang berfungsi persis seperti Siri. Hanya saja, perangkat tersebut berbentuk robothumanoid dan diberi nama ‘Nadine’.
Nadine, dijelaskan tim pengembang sebagaimana dikutip dari laman Mirror,Sabtu (2/1/2016), dikembangkan sebagai robot yang memiliki karakter, mood dan juga emosi. Robot tersebut akan digunakan sebagai perangkat perbantuan karyawan kerja di ruang lingkup perkantoran.
Nama Nadine sendiri diambil dari salah satu kreatornya, Nadine Thalmann. Bahkan, bentuk tubuh, wajah, kulit hingga rambut pun menyerupai fisik Nadine aslinya. Karena bertugas sebagai asisten, Nadine yang kelak ditugaskan di sektor perkantoran ini memiliki beberapa kemampuan khusus yang didasari teknologi Artificial Intelligence (AI).
Robot tersebut tak hanya bisa merespon permintaan penggunanya dengan mencarikan lokasi, membuat jadwal atau melakukan hal administrasi lain layaknya orang kantoran, namun Nadine pun bisa mengingat detil percakapan antara ia dan penggunanya.
Selain itu, tim pengembang menjelaskan bahwa Nadine juga akan dilengkapi dengan ekspresi humanoid dan gestur yang betul-betul menyerupai manusia. Sehingga orang-orang yang berada di sekitarnya tidak canggung ketika berbicara dengan Nadine yang sebetulnya merupakan robot. Saat ini, robot tersebut masih dalah tahap uji coba dan dikembangkan lebih lanjut di Nanyang Technological University (NTU) Singapura. Meski tidak ada kaitannya dengan Siri besutan Apple, namun tim pengembang Nadine mengklaim bahwa robot ini bakal menjadi  ‘wanita cantik yang bakal jadi saingan berat Siri’.(liputan6)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY