News, Sport and Lifestyle

65 dari 128 Cakep Lulus Seleksi Akademik

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Sebanyak 65 dari 128 calon kepala sekolah (cakep) Kota Bogor, dinyatakan lulus dalam seleksi akademik 2015. Di antaranya 28 dari 56 guru Sekolah Dasar (SD), 14 dari 26 guru Sekolah Menengah Pertama (SMP), 14 dari 30 guru Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 9 dari 16 guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). ”Keputusan itu diambil setelah para peserta mengikuti seleksi akademik cakep di Lembaga Pengembangan, Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) Solo, pada 5 hingga 8 Desember 2015 lalu. Bagi yang belum beruntung, jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan lain,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Bogor Fahrudin, didampingi Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Ayub Cahyono kepada Metropolitan di ruang kerjanya, petang kemarin.
Menurut Fahrudin, para peserta yang dinyatakan lulus seleksi akademik tersebut, nantinya akan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di LP2KS Solo secara bertahap. ”Insya Allah, Diklat akan dimulai pada Maret 2016 mendatang,” kata Fahmi panggilan akrab Fahrudin. (do/tur/ar/ram/run)
Ia mengakui bahwa pada 2017 Kota Bogor akan kekurangan kepala SD. “Mulai 2016 hingga 2017 mendatang, sejumlah kepala SD akan memasuki pensiun. Jadi, kami berharap agar cakep yang lulus seleksi akademik benar-benar siap dan mampu mengikuti Diklat di LP2KS,” ungkapnya.

Sementara itu, Ayub Cahyono menjelaskan, para guru yang mengikuti seleksi akademik Cakep berjumlah 131 orang guru. Tapi, tiga orang mengundurkan diri tanpa alasan, saat hendak berangkat ke Karang Anyar, Solo. Sedangkan seleksi akademik itu, tambah Ayub, bertujuan untuk mendapatkan rekomendasi profesional tentang penguatan tujuh kompetensi kepala sekolah. Selama seleksi, para peserta berhadapan langsung dengan pemateri dari LP2KS  Solo, “Jadi, sasaran seleksi akademik cakep ini, agar terpilihnya calon-calon kepala sekolah yang memiliki kepemimpinan, minimal memuaskan dari Kota Bogor,” tandas Ayub. (do/tur/ar/ram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *