News, Sport and Lifestyle

ABK Larikan Kapal, Menteri Susi Bakal Layangkan Surat ke China

METROPOLITAN.ID | Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti kem‎bali geram. Lantaran sembilan kapal eks China di Timika dilarikan oleh sejumlah Anak Buah Kapal (ABK) berkewarganegaraan China.

Susi menjelaskan, informasi tersebut didapat dari perusahaan Minata Group. Berdasarkan keterangan itu, sembilan kapal itu ditumpangi oleh 39 China, yang terdiri dari 8 orang sebelumnya telah ditugasi untuk menjaga kapal tersebut.

“Yang dilakukan ABK Tiongkok ini sangat tidak pantas, Tata hukum negara kita. Kita akan surat complain China, dan panggil kembali. Saya tidak senang dan kecewa yang dilakukan oleh para kru kapal dan membawa kapal ini‎,” kata dia di Jakarta, Senin

Padahal, dia mengatakan ketika moratorium usai maka ‎kapal-kapal yang terbukti melakukan pelanggaran berupa pencurian ikan, perbudakan dan penyelundupan akan diproses secara hukum. Sementara sisanya yang tidak terbukti akan dilepaskan dengan syarat yang diberikan oleh pemerintah.

“Untuk kapal tidak terkait pidana kita sudah undang negaranya, dubesnya kita ajak bicara, Thailand, Filipina, China.  Saya sampaikan kita ingin melakukan good willyang tidak kaitannya boleh deregistrasi dan meninggalkan kewajiban setelah kewajiban keuangan sudah diselesaikan. Dari situ kita rekomendasikan untuk deregistrasi di Kementerian Perhubungan dan kapal boleh meninggal Indonesia. Dan Dubes menjamin tersebut  tidak kembali ke Indonesia mencuri lagi,” jelas dia.

Sayangnya, peristiwa ini justru terjadi. Susi pun berjanji akan melakukan tindakan yang lebih keras ‎terhadap pihak-pihak yang melanggar ketentuan pemerintah.

“Semestinya, kalau sudah begitu, tinggal mematuhi, semua sepakat kita menganalisa pajak yang tunggak atau belum bayar setelah itu boleh pergi. Tapi tidak dengan lari begitu saja,” tandas dia.(L6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *