News, Sport and Lifestyle

Ada Planet Kesembilan di Belakang Neptunus

METROPOLITAN.ID – TATA surya kemungkinan besar memiliki ”planet ke-9” yang ukurannya diperkirakan 10 kali lebih besar daripada bumi dan terletak jauh di belakang Planet Neptunus. Meski hanya disebut sebagai ”Planet Sembilan” dan belum diobservasi secara langsung, simulasi komputer terhadap orbit sejumlah objek di belakang Neptunus menunjukkan keberadaannya. Penemuan ini telah dipublikasikan tim dari California Institute of Technology dalam Astronomical Journal.
”Setelah meneliti orbitnya dan pengaruhnya terhadap bagian terluar tata surya kita, kami semakin yakin bahwa planet ini benar-benar ada di luar sana,” ujar pakar astronomi Konstantin Batygin. Dalam tata surya, awalnya Pluto dan Ceres digolongkan sebagai planet saat pertama kali ditemukan. Namun, keduanya belakangan dikeluarkan dari kategori planet.
Seperti dilansir ABC, Prof Mike Brwon dari California Institute of Technology mengatakan, ukuran Planet Sembilan yang diperkirakan 5 ribu kali lebih besar dari Pluto serta kemampuannya mendominasi orbit gravitasinya akan menepis segala keraguan bahwa ini adalah sebuah planet.
Pencarian pun kini difokuskan untuk menentukan titik planet tersebut yang diperkirakan memerlukan waktu (menurut ukuran waktu di Bumi) 10 ribu hingga 20 ribu tahun untuk mengitari matahari sebagai pusat tata surya.(de/er/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *