News, Sport and Lifestyle

Ahok Yakin Jakarta Siap Hadai MEA dengan Cara Beri Modal UMKM

METROPOLITAN.ID | JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, DKI Jakarta siap menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2016. Caranya dengan membantu UMKM, Ahok menyiapkan dana melalui Bank DKI untuk bantuan modal.

Salah satu caranya yakni dengan memperkuat sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Ibukota. Pemprov DKI Jakarta bahkan telah membentuk PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida).

“Persiapan MEA, UMKM kami perkuat, kami kasih modal malah,” kata Ahok, kemain.

Ahok mengaku, pinjaman modal kepada pelaku UMKM tidak dikenakan bunga yang tinggi, hanya sebesar 10 persen. Dengan pinjaman modal tersebut diharapkan pelaku UMKM bisa lebih berkembang.

“Semuanya kami daftarin modal, bunganya kami usahakan di bawah 10 persen,” ucapnya.

Ahok juga pernah memberikan kredit kepada 100 ribu pedagang kaki lima (PKL) di sejumlah lokasi binaan dan lokasi sementara. Saluran dana kredit mencapai Rp 1 triliun.

Setiap pedagang mendapatkan bantuan hingga Rp 10 juta. Pedagang yang berhak mendapatkan kredit harus memenuhi beberapa persyaratan. Di antaranya, merupakan warga Ibukota yang dibuktikan dengan KTP, pedagang terdaftar di Dinas UMKMP DKI Jakarta, dan memiliki kartu identitas uang juga merupakan kartu ATM dari Bank DKI.(PK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *