News, Sport and Lifestyle

AIKD Siap Geliatkan Industri Kreatif

METRPOLITAN.ID  – Tonggak kepemimpinan sebuah komunitas yang diberi nama Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD) sudah berpindah tangan. Ketua AIKD periode 2013-2016, Ade Supriyatna, secara aklamasi menyerahkan tampuk kepemim­pinan AIKD kepada Markiyat untuk masa kepengurusan 2016-2019.
Ketua terpilih Markiyat mengatakan siap memajukan AIKD dengan membuat program-program andalan untuk mem­besarkan komunitas yang sudah berdiri selama tiga tahun ini. Dirinya berjanji akan menciptakan pasar industri kreatif yang kuat di Depok dengan meningkatkan jumlah member AIKD. “Target saya selama setahun pertama akan turun langsung sampai ke kecamatan, kelurahan, bahkan hingga RT dan RW untuk melihat seberapa besar industri kreatif ini dapat dikem­bangkan serta menerapkan program member get member,” ujar pria yang akrab disapa Marki itu, kemarin.
Pemilik usaha kuliner Mie Khangen ini mengungkapkan, saat ini AIKD memiliki anggota sebanyak 250. Jika program member get member ini berhasil setidaknya dalam setahun akan ada 500 member dan dalam masa tiga tahun menjabat ketua akan ada peningkatan signifikan hingga 1.500 member AIKD.
Selain itu, pemilik 11 gerai mi beraneka warna tersebut menuturkan, AIKD yang dipimpinnya akan lebih ditingkatkan daya saingnya dengan memberi pendidikan dan pembinaan serta pemberdayaan para anggotanya. Pelatihan berjenjang akan menjadi target yang harus dicapai. “Keinginan saya ke depan untuk para member yang sudah di tingkat usaha menengah atau produknya sudah meram­bah kancah nasional maupun hingga ekspor ke luar negeri dapat mendampingi member yang masih tingkatan mikro. Sehingga ke depannya member yang tergabung dalam AIKD tingkat kesejah­teraannya dapat meningkat lebih baik lagi,” harap Marki.
Wakil Walikota Depok Idris Abdul Shomad mengatakan, AIKD harus memberi peluang yang sama bagi seluruh member untuk berkembang. “Terutama membuka pema­saran hasil industri para anggotanya,” jelas Idris, kemarin.
Dihubungi terpisah, anggota DPRD Kota Depok dari Partai Hanura, Benhard mengatakan, industri kreatif harus terus didorong. Selama ini industri kreatif mendapat pangsa pasar yang luas di setiap daerah. Apalagi pemerintah juga membuka peluang seluas-luasnya agar industri kreatif memberi kontribusi peningkatan ekonomi bagi masyarakat. Sehingga dengan adanya wadah yang khusus konsen terhadap industri kreatif makin membuka peluang untuk berkembang sekaligus membuka pangsa pasarnya. “ Sektor industri kreatif hampir di setiap wilayah membuka peluang terserapnya tenaga kerja non-formal,” jelas Benhard kepada Metropolitan. (*/sol/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *