SHARE

METROPOLITAN.ID –  Anggota DPRD DKI Jakarta, Steven Setiabudi Musa menilai, saat ini alun-alun di wilayah DKI Jakarta tampak tidak terlihat fungsinya.

Kawasan Monas, lanjut Steven, sejatinya merupakan alun-alun yang cocok bagi warga Ibu kota berkumpul. Akan tetapi, aksesnya terbatas, karena ketika malam hari sudah ditutup untuk umum.

Ia justru menilai kawasan Kota Tua yang berpotensi dijadikan sebagai alun-alun. Pasalnya, destinasi wisata di wilayah Taman Sari, Jakarta Barat itu bisa diakses oleh siapa pun dan kapan pun.

“Kota Tua sebenarnya bisa dimanfaatkan karena aksesnya yang tidak terbatas. Hanya memang perlu direvitalsasi. Pengelolaan tentu harus baik sehingga masyarakat akan terus datang ke tempat itu. Pemprov DKI juga harus bisa menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung,” ucap Steven, Selasa (12/1).

Selain Kota Tua, politisi PDI-P ini melihat lokasi lain yang tepat untuk dijadikan tempat warga berkumpul yakni RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak). Steven mengatakan Pemprov DKI harus menggenjot pembuatan RPTRA di setiap kelurahan.

Pasalnya, dibandingkan dengan alun-alun yang berada di pusat kota, kehadiran RPTRA yang dekat dengan lingkungan perumahan bisa lebih efektif.

“RPTRA perlu dibangun di setiap kelurahan. Karena keberadaannya yang dekat dengan lingkungan perumahan warga bisa sangat efektif untuk berkumpul. Pemprov DKI juga harus konsisten, jangan hanya membangun tapi juga merawatnya. Warga di sekitar juga jangan sampai menyalahgunakan RPTRA,” katanya.(SP)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY