News, Sport and Lifestyle

Banyak Sopir Tembak, DLLAJ Tutup Mata

METROPOLITAN.ID | GUNUNGPUTRI – Maraknya sopir tembak di jalur Karanggan-Gunungputri, Kecamatan Gununungputri, yang masih di bawah umur, rupanya tidak ditanggapi dinas terkait yang berada di wilayah Timur, Kabupaten Bogor tersebut.
Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Umum (DLLAJ) Kabupaten Bogor berkilah kewenangan tersebut sepenuhnya ada di kepolisian. Hal ini dikatakan Staf Dalops DLLAJ Kabupaten Bogor Adham Aryo.
Menurut dia, kewenangan dinasnya sebatas peneguran, pengecekan KIR dan kelayakan kendaraan. “Kewenangan itu ada di polantas, karena itu menyangkut SIM yang sepenuhnya ada di kepolisian,” kata Adham, kemarin.
Sesuai Pasal 28 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas, pihaknya hanya bisa melakukan pengecekan uji kelayakan atau KIR. “Sedangkan untuk sopir di bawah umur berkaitan dengan SIM yang tentu tindakannya ada pada polantas,” paparnya.
Sementara seorang sopir tembak jalur Karanggan-Gunungputri Bambang (15) mengaku terpaksa menjalani profesinya itu.
“Saya cuma iseng daripada nggak ada kegiatan setelah pulang sekolah. Makanya mending narik angkot bisa buat bantu orang tua,” ucap Bambang.(sep/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *