METROPOLITAN.ID | TANGSEL – Ribuan botol minuman beralkohol serta jutaan batang rokok senilai Rp3 miliar lebih dimusnahkan kantor wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Provinsi Banten. Diketahui, pemusnahan terhadap minuman beralkohol dengan berbagai merek serta 10 juta lebih batang rokok tersebut merupakan hasil penindakan yang dilakukan DJBC Provinsi Banten.
Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Wilayah Banten, Wicaksono menjelaskan, pemusnahan barang ilegal tersebut merupakan hasil penindakan se­lama kurun waktu 2014 sampai 2015.
”Nilainya diperkirakan mencapai Rp3 miliar lebih dan potensi penerimaan negara yang berhasil diselamatkan kurang lebih Rp2,6 miliar,” kata Wicaksono usai pelaksanaan pemusnahan di Kantor Pe­nga­wasan dan Pelayanan Bea dan Cukai di kawasan Kecamatan Serpong Utara, kemarin.
Dijelaskan Wicak­sono, pemusnahan barang ilegal tersebut hasil penindakan yang dilakukan dalam kurun dua tahun oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Merak serta Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Tangerang. ”Sebanyak 90 penindakan yang kita lakukan sepanjang tahun 2015 lalu, potensi penerimaan negara yang berhasil diselamatkan lebih dari Rp9 miliar,” ungkapnya.
Ia menambahkan, penerimaan negara lainya yang berasal dari bea masuk, bea keluar dan cukai lebih dari Rp2 triliun atau 82,4 persen target penerimaan nasional. ”Bea dan Cukai Banten juga menyumbang penerimaan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) meliputi PPN, PPnBM dan Pph pasal 22 impor sebesar Rp11 triliun lebih,” tandasnya.
Pantauan di lokasi, pemusnahan terhadap barang-barang ilegal dengan cara dilindas menggunakan mesin giling ini disaksikan langsung Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany serta unsur TNI/Polri. (dra/ded/sal)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here