Basuki Keluhkan Banyak Kabel Bawah Hambat Pergerakan Air

by -

METROPOLITAN.ID | Jakarta – Masih terjadinya banjir dan genangan di beberapa wilayah DKI salah satu penyebabnya adalah karena saluran yang terkendala utilitas. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, hampir di semua jalan protokol di Ibu Kota banyak utilitas berupa fiber optic yang tidak bisa dipotong sembarangan karena untuk memenuhi kebutuhan internet dan semacamnya di perkantoran di sana.

“Tapi sekarang gara-gara mereka itulah, ada genangan kalau hujan lebat. Antrean air masuk ke tali air ini jadi lambat. Kami lagi usahakan saja bagaimana caranya usaha orang tidak terganggu, tapi orang-orang yang fiber optic dipanggil untuk selesaikan ini,” kata Basuki di Balai Kota, Rabu (27/1).

Tidak hanya kabel fiber optic, utilitas lain berupa kabel telepon atau kabel listrik pun mengganggu jalannya air di tali-tali air sehingga menghambat laju pergerakan air. Pihaknya juga sudah beberapa kali memberi peringatan kepada pemilik kabel bersangkutan untuk membereskannya.

“Yang di Matraman dan Cawang itu lambat (surut) gara-gara kabel semua. Kalau kabel listrik PLN kamu berani gunting tidak? Tidak berani, kalau gunting terus kesetrum bagaimana?” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya sangat menginginkan utilitas yang ada di bawah tanah tidak mengganggu terhadap saluran atau tali air yang ada.

“Kalau tidak mau perbaiki ya kami potong sendiri saja sudah!” tegasnya.(www.beritasatu.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *