SHARE

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Posyandu dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengontrol kesehatan secara berkala. Sebab, posyandu merupakan sarana kesehatan masyarakat yang terjangkau. Bahkan, di Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, sedikitnya memiliki sepuluh posyandu.
Koordinator Posyandu Desa Babakan Wawat mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebulan sekali secara bergantian di sembilan RW yang ada di Desa Babakan. Posyandu ini dipimpin bidan desa dibantu kader Pembinaan Kesejahteraan Ke­luarga (PKK).
“Dalam setiap kegiatan, kami selalu melakukan penyuluhan tentang kesehatan. Ada juga penimbangan balita dan pemeriksaan lansia,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.
Tak hanya itu, sambung dia, petugas posyandu juga melakukan penyuluhan untuk Program Bina Keluarga Remaja (BKR) bagi remaja, terlebih terkait bahaya narkoba. “Remaja itu kan generasi penerus. Kami tak ingin remaja di sini terjerumus narkoba,” ujarnya.
Dalam setiap kegiatan posyandu, terang dia, selalu dibagikan makanan tambahan untuk menambah gizi balita. “Sebulan sekali kami selalu menyediakan tambahan gizi, karena itu sudah menjadi program kami sejak awal,” pungkasnya. (ano/b/suf/py)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY