Bongkar Pasar Cileungsi, Pol PP Belum Terima Surat dari DTBP

by -14 views

METROPOLITAN.ID | CILEUNGSI – Soal Pasar Modern Cileungsi yang sudah mendapat Surat Peringatan (SP3) dari Dinas Tata Bangunan dan Pemukiman (DTBP), Satuan Polisi Pamong Praja Satpol PP Kabupaten Bogor mengaku belum mendapatkan surat pelimpahan pembongkaran tersebut. Demikian dikatakan Kasi Bina Riksa Satpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridho kepada wartawan, kemarin.
“Belum ada surat masuk dari DTBP terkait pembongkaran Pasar Modern Cileungsi,” kata Agus, kemarin. Jika pihaknya telah menerima surat pelimpahan itu, tambah Agus, maka kewenangan seutuhnya ada di Satpol PP. “Setelah dilimpahkan ke kami, Satpol PP akan melayangkan surat peringatan pembongkaran 1 hingga 3. Jika membandel, baru dibongkar,” tegasnya.
Sementara saat dikonfirmasi via telepon genggamnya, Kepala DTBP Kabupaten Bogor Siti Masitoh enggan berkomentar. Pun ketika disinggung soal SP3, ia enggan menanggapi.
Sebelumnya diberitakan, anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bogor Rudi Sabana mengatakan, dari hasil rapat dengan dinas terkait, pembangunan pasar tersebut telah melanggar hukum, terutama soal penyalahgunaan IMB. “Izinnya itu untuk rumah toko (ruko), bukan pasar. Ini jelas melanggar dan kami minta bangunan itu dibongkar,” ujarnya.
Menurut dia, seluruh anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bogor telah merekomendasikan dinas terkait untuk menghentikan pembangunan pasar yang hampir rampung dan dikembalikan sesuai kondisi semula. (sep/yok/py)