News, Sport and Lifestyle

Buron Lima Bulan, Spesialis Perampok Truk Diringkus

METROPOLITAN.ID | CIBINONG – Buronan yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) selama lima bulan akhirnya diringkus Satuan Reserse Kriminal Polres Bogor dan Satuan Reserse Kriminal Polres Jakarta Timur. Kelima pelaku yang terbukti melakukan pencurian dengan tindak kekerasan itu di antaranya Firdaus (37), Randi (40), Oji (37), Lomri (35) serta Dede (23).
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Polres Bogor AKP Ita Puspitalena menjelaskan, mereka diciduk setelah Satuan Reskrim Polres Jakarta Timur berkoordinasi dengan Satuan Reskrim Polres Bogor untuk membahas adanya aksi pencurian terhadap kendaraan bermuatan barang. “Hasil interogasi, pelaku sudah melakukannya tiga kali, dua di Bogor dan satu di Jakarta,” tuturnya.
Identitas pelaku warga Kampung Singkong Pamijahan, Kampung Nangkasari Pamijahan, Desa Antajaya Kecamatan Jonggol, Kampung Cicenang Lebak Banten serta warga Pamijahan itu dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman pidana maksimal 12 tahun penjara. “Kelima pelaku langsung ditahan,” ucapnya.
Ita menceritakan, modus operasi pertama, pelaku mengincar kendaraan jenis truk yang membawa muatan barang-barang dari pabrik. Lalu tersangka melumpuhkan sopir yang berkendara sendirian. Dengan mengendarai roda empat jenis Avanza hitam, pelaku memepet truk tersebut.
Sejurus kemudian, pelaku memaksa sopir menghentikan kendaraan. Sambil mengintimidasi dengan membentak sopir, pelaku menuding si sopir menghamili adiknya.
“Pelaku langsung mengikat tangan, mata hingga mulut korban dengan lakban. Lalu, korban dibuang di pinggir jalan,” katanya.
Penangkapan tersebut, lanjut Ita, dilakukan berdasarkan hasil LP/B/1124/XI/2015/JBR/ResBgr pada 12 November 2015 dan LP/B/873/IX/2015/JBR/ResBgr pada 9 September 2015. (rez/b/dik/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *