SHARE

METROPOLITAN.ID – Perut kembung memang masalah sederhana yang bisa cepat disembuhkan, namun hal itu akan menjadi lebih serius jika menyerang hampir setiap hari. Bila itu terjadi, bisa saja hal itu timbul karena makanan yang dikonsumsinya salah sehingga membuat gas di dalam perut semakin susah keluar. Seorang ahli nutrisi dan antipenuaan Ricky Hay membagi rahasia terbaik untuk mencegah kembung, seperti dilansir Daily Mail, yakni:
Kurangi konsumsi makanan mengandung gas
Kacang, bawang, brokoli, kubis, kecambah dan kembang kol adalah contoh makanan yang menghasilkan gas. Sebagai gantinya, konsumsi apel dan buah pir yang kaya kandungan pectin.

Konsumsi pisang, kiwi dan stroberi
Buah-buah tersebut kaya akan potasium yang berperan sebagai diuretik dan dapat meningkatkan jumlah garam pada urin.

Hindari permen karet
Mengunyah permen karet yang mengandung xylitol, sorbitol atau mannitol bisa meningkatkan produksi gas di dalam sistem pencernaan.

Konsumsi jus lidah buaya
Tumbuhan ini mengurangi peradangan di bagian dalam dan kelebihan lainnya adalah bisa membantu meningkatkan kondisi kulit, mencegah eksim dan rosacea.

Kurangi konsumsi produk olahan susu
Penyebab utama perut kembung adalah intoleransi laktosa. Mengurangi konsumsi produk olahan susu merupakan langkah awal terbaik mencegah kembung. Anda bisa mengganti produk olahan susu dengan yogurt kelapa atau susu beras. (vin/ram/run)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY