News, Sport and Lifestyle

Cegah Peredaran Narkoba di Kalangan Pelajar

METROPOLITAN.ID | DEPOK – Kepala Sekolah (Kepsek) yang ada di Kota Depok diajak berperan aktif dalam mencegah peredaran narkoba di kalangan pelajar. Bahkan, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok akan menggandeng Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok. ”Tujuannya untuk  melakukan sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) guna bersinergi mencegah peredaran Narkoba,” kata Kepala BNN Kota Depok Syaefudin Zuhri pada acara sosialisasi yang diikuti kepsek dan perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Kecamatan se-Kota Depok.
Ia menambahkan, hingga saat ini penyalahgunaan narkotika masih menjadi perhatian utama di hampir semua negara. Berbagai jenis narkotika seperti ganja, kokain dan sabu-sabu, merupakan narkotika ilegal yang menjadi masalah utama, khususnya di Indonesia. ”Saat ini, penyalahgunaan narkotika sudah mencapai tingkat darurat. Barang haram ini menjangkau berbagai kalangan dan usia,” urainya.
Menurut dia, saat ini Indonesia sudah masuk kategori darurat narkoba. Jadi, bahaya penyalahgunaan narkotika bukan hanya tanggung jawab BNN. ”Tanggung jawab semestinya dipikul bersama oleh berbagai pihak. Untuk itu, BNN menggandeng Disdik agar penyalahgunaan narkotika dapat efektif dicegah dari sekolah-sekolah,” tambahnya.
Untuk itu, lanjutnya, BNN dan Disdik harus menjadi pionir yang selalu mengingatkan para anak didik maupun anak masing-masing agar jangan sampai terkena dan dipengaruhi narkoba, karena sindikat narkoba sudah sangat kuat.
Tak sampai di situ, dia juga mengimbau seluruh kepsek dan guru berhati-hati dengan barang haram tersebut. ”Sebab, usia remaja sangat rentan penyalahgunaan serta peredaran narkoba,” tandasnya. (gie/tur/ar/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *