SHARE

METROPOLITAN.ID – Pemkot Depok mengalokasikan anggaran Rp172 juta untuk membuat jalur sepeda di Jalan Margonda. Pembangunan jalur sepeda ini akan dilakukan dalam tiga tahap.
Kabid Jalan Lingkungan Bimasda Kota Depok Hardiman menjelaskan, jalur sepeda dibangun dengan memberi batasan antara jalur kendaraan bermotor dengan sepeda. Sebagai marka, jalur sepeda dibatasi dengan cat kuning putus-putus.
Jalur sepeda memiliki lebar 1,5 meter di tiap ruas. Tahap I jalur ini yaitu sepanjang Jalan Siliwangi-Ramanda dan sudah diselesaikan. Tahap II sepanjang Balaikota Depok-Juanda yang juga sudah selesai. Tahap III sepanjang Juanda-Ujung Margonda. ”Segmen III baru selesai di sisi Barat. Sedangkan sisi Timur sedang dalam proses karena cuaca sedang tidak mendukung,” jelas Hardiman, kemari.
Menurut Hardiman, jalur ini nantinya hanya bisa dilalui sepeda saja, sedangkan kendaraan bermotor tidak bisa melaluinya. Pembuatan jalur ini berdasarkan aturan bahwa setiap daerah harus memiliki kriteria Right of Way (RoW) atau ruang milik jalan selebar 32 meter, termasuk trotoar dan drainase.
Ruas Jalan Margonda sebagai jalan protokol maka harus dilengkapi fasilitas jalan. ”Di antaranya jalan untuk kaum difabel dan lajur sepeda,” ungkapnya.(sdn/sal/wan)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY