News, Sport and Lifestyle

Ciri-ciri Umat Rasulullah

METROPOLITAN.ID – Muslim mana yang tak ingin tergolong jadi umat Nabi Muhammad SAW.  Ada lima ciri umat Nabi Muhammad SAW. Menurut Alquran Surat Al-Fath ayat 29 yang harus dimiliki umat Islam, pertama, Asyiddaa’ Alal Kuffar atau bersikap keras terhadap orang-orang kafir.
Islam mengajarkan agar umatnya mempunyai sifat tegas kepada orang kafir dalam masalah akidah atau keyakinan. Umat Islam, hendaknya tegas kepada budaya dan perilaku orang kafir yang bertentangan dengan ajaran Islam.
”Kita mungkin akan menolak dengan keras ketika kita ditawari (diajak) beribadah seperti ibadah orang lain, tetapi kadang-kadang kita tidak terasa aqidah kita sudah digerogoti oleh budaya-budaya orang kafir melalui tontonan, mode berpakaian, dan lain sebagainya,” beber Pimpinan Dayah Mishrul Huda Malikussaleh Tengku Rusli Daud
Kedua,‎ Ruhamaa’ Bainahum atau berkasih sayang terhadap sesama Muslim. Orang Islam harus mempunyai rasa kasih dan sayang sesama Muslim, mempunyai rasa senasib sepenanggungan bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang Islam lainnya karena adalah bersaudara.
Bahkan Rasulullah pernah bersabda, orang itu tidak beriman jika belum mampu mencintai orang lain sama seperti mencintai dirinya sendiri.
”Kita lihat fenomena di masyarakat kita, kasih dan sayang sudah mulai pudar. Terbukti sesama Muslim saling menyalahkan dan melecehkan sesama,” ujarnya.
Ketiga, Tarahum Rukka’an Sujjada‎ atau kamu melihat mereka rukuk dan sujud serta mantap dalam beribadah.‎ Orang Islam tidak cukup hanya pandai berdebat, pandai keilmuan saja tetapi hampa dalam prilaku ibadah, ruku dan sujud kepada Allah SWT. Iman perlu dibuktikan dengan prilaku ibadah baik yang wajib maupun sunnah.
Keempat, Yabtaghuna Fadlan Minallah Wa Ridwana atau selalu mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya. Begitu juga seorang mukmin, apapun yang diperbuat tujuannya hanya mencari ridha Allah SWT, baik dalam beribadah, bekerja mencari rezeki dan lainnya.
‎Ciri umat Nabi Muhammad SAW kelima adalah Simahum Wujuhihim Min Atsaris Sujud atau berperilaku baik, tawadhu’dan santun sebagai pengaruh positif dari beribadah. (rep/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *