News, Sport and Lifestyle

Depok Gencar Tertibkan Miras

METROPOLITAN.ID – Kota Depok yang identik dengan buah belimbing menjadi salah satu kota yang gencar menggelar penertiban minuman keras (miras) menurut pantauan Mabes Polri. Hal tersebut berkat pengawasan berkala yang dilakukan pemkot dan didasari dua Perda yang mengatur tentang Miras.
Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il mengatakan, dalam memberantas miras, Depok memiliki payung hukum berupa Perda No 6 Tahun 2008 tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol dan Perda No 16 Tahun 2012 tentang Pembinaan dan Pengawasan Ketertiban Umum.
Kedua Perda tersebut yang menurut Nur Mahmudi membuat Depok lebih tertib, misalnya data yang ada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok pada 2015 sudah menyisir 72 titik rutin dan 18 titik gabungan bersama pihak penegak hukum untuk merazia keberadaan minuman haram tersebut. “Berdasarkan Perda No 6 Tahun 2008, Disperindag melakukan pengawasan terhadap restoran, kafe atau tempat makan lainnya terhadap penjualan miras tersebut,” ujar Nur Mahmudi.
Berdasarkan penyisiran pada 2015, tidak ditemukan adanya tempat yang menjual minuman beralkohol. Hanya saja sempat ada satu kasus di tempat hiburan di daerah Cinere yang ditemukan miras. Namun setelah ditelusur, teridentifikasi bahwa miras tersebut dibawa sendiri oleh pengunjung, bukan disediakan tempat hiburan tersebut. “Untuk tempat yang memiliki izin tidak ada yang menyediakan. Karena jika tertangkap tangan menjual, maka ancaman terbesarnya adalah mencabut izin usahanya,” tutur Nur Mahmudi.
Minuman alkohol kerap ditemukan dijual secara ilegal di warung yang tidak memiliki izin, untuk kasus ini pihak Satpol PP yang akan menindak dengan dasar Perda No 16 Tahun 2012 tentang Pembinaan dan Pengawasan Ketertiban Umum. Jika pihak Satpol PP temukan pelanggaran, dengan penegakan hukum yang benar akan langsung dilakukan tindakan.
“Bagi yang melanggar akan kami tipiring, Satpol PP sendiri melalui program resminya melakukan razia sebanyak 24 kali dalam setahun. Itu belum termasuk razia harian yang rutin dilakukan saat Ramadan,” katanya. (net/sal/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *