SHARE

METROPOLITAN.ID – Semakin bertambahnya jumlah penduduk di suatu wilayah memungkinkan harus dilakukan transmigrasi. Hal itu dilakukan guna mengurangi jumlah penduduk dan penyebarluasan penduduk di Indonesia.
Dalam hal ini, Pemerintah Pusat melalui provinsi dan kota atau kabupaten menggalakkan program transmigrasi dalam menyukseskan pemerataan penduduk tersebut. Pemerintah Kota Depok juga turut andil dalam pelaksanaannya.
“Setiap tahun kami rutin mengikuti program transmigrasi, tentunya dengan jumlah yang sudah ditentukan provinsi,” tutur Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok, Diah Sa’diah, kemarin.
Tahun ini untuk di Kota Depok, daerah yang menjadi target sasaran wilayah transmigrasi yaitu Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Sinyonyoi, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Tengah. Daerah yang sebagian besar wilayahnya merupakan perkebunan kopi dan pegunungan ini membuka sebanyak 40 KK untuk para transmigran.
Lebih lanjut mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretaris Daerah Kota Depok ini menambahkan, persyaratan bagi warga Depok yang ingin mendaftar di antaranya WNI, berkeluarga, berusia antara 18 sampai 50 tahun. Selain itu, juga memiliki KTP Depok, berbadan sehat, memiliki keterampilan sesuai kebutuhan untuk mengembangkan potensi sumber daya yang tersedia di lokasi tujuan dan lulus seluruh tahap seleksi.
Para transmigran yang mengikuti program ini akan mendapat beberapa fasilitas. Ada pun hak-hak yang diterima yaitu memperoleh bantuan dari pemerintah berupa lahan usaha dan lahan tempat tinggal, sarana dan prasarana pengolahan dan pemasaran hasil usaha, pendidikan dan pelatihan persiapan perbekalan dan pelayanan pengangkutan ke lokasi tujuan.
“Selama lima tahun, transmigran akan mendapat banyak fasilitas dari biaya hidup hingga lahan dan bibit pertanian. Mereka hanya perlu mengolah dan harus betah,” tambah Diah.
Jika masyarakat di Kota Depok tertarik mengikuti program transmigrasi dapat mendatangi Kantor Disnakersos Kota Depok dengan membawa KTP dan KK. Selanjutnya mengisi surat pernyataan bahwa ingin bertransmigrasi. (net/sal/wan)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY