News, Sport and Lifestyle

Desa Cijeruk Getol Genjot Desa Mengajar

METROPOLITAN.ID | CIJERUK – Demi memberantas buta aksara di wilayahnya, Pemerintah Desa Cijeruk, Kecamatan Cijeruk, menggalakkan desa mengajar. Program ini akan disosialsisasikan pemerintah desa dengan mengundang seluruh elemen masyarakat, seperti Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), RT/RW, kader PKK, pemuda dan tokoh masyarakat.
Hal ini dikatakan Kepala Desa Cijeruk Ade Tamsuri kepada Metropolitan, kemarin. Menurutnya, sosialisasi ini sangat penting untuk warga dalam mendapatkan ilmu pendidikan yang layak, hal ini juga dikarenakan angka pendidikan di wilayahnya masih sangat minim. “Kami akan kerahkan seluruh perangkat desa untuk melakukan pendataan bagi warga yang putus sekolah,” ujarnya.
Ia menjelaskan, bagi warga yang putus sekolah akan didik kembali dan akan mendapatkan ijazah sesuai dengan pendidikan yang ditempuh.
Sementara itu, Pembina dan Pengawas Desa Mengajar Kecamatan Cijeruk Ajat Sudrajat mengungkapkan, kesiapan seluruh desa telah selesai dan hanya menunggu para pengajar dengan jenjang pendidikan minimal S1. “Ke depannya, warga yang putus sekolah umur 15 tahun hingga 60 tahun akan mendapatkan pendidikan formal setara dengan sekolah umum lainya,” kata dia.
Ia menambahkan, di tahun 2016 kegiatan desa mengajar sudah bisa dilaksanakan, apalagi pihaknya telah berkoordinasi dengan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Pendidikan Cijeruk. (nto/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *