Desa Jampang Jadi Pusat Jajanan

by -

METROPOLITAN.ID | KEMANG – Zona Madina Dompet Duafa di Desa Jampang, Kecamatan Kemang, saat ini menjadi salah satu wisata pusat jajanan di wilayah Utara Kabupaten Bogor. Ia menjelaskan, berbagai hasil bumi pun diperjualbelikan di zona tersebut, seperti ubi, timbul, cempedak dan rambutan,
Direktur Zona Madina Dompet Duafa, Herman Budianto menuturkan, program tersebut merupakan program pendukung dari pengembangan pemberdayaan perekonomian masyarakat serta sebagai penunjang program desa wisata.
”Semoga melalui pusat oleh-oleh yang diinisiasi dompet duafa ini, dapat memaksimalkan pemanfaatan dana zakat untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.
Menurutnya, Desa Jampang terkenal juga dengan budidaya ikan hias maupun  konsumsi yang sudah tersebar hingga seluruh Jawa Barat.
”Melalui pusat oleh-oleh ini, saya berharap juga bisa menjadi ruang pamer ikan serta belajar cara berternak pada petani,” paparnya.
Ia menjelaskan, di Desa Jampang terdapat juga produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) lainnya, seperti produk olahan ikan, abon ikan dan snack ala jampang di tempat wisata tersebut.  “Saat ini terdapat lima kios pusat oleh-oleh.Pembukaannya dilaksanakan dengan syukuran dan doa bersama yang dihadiri tokoh masyarakat dan kepala desa,” bebernya. Sementara itu, Ketua Kelompok Mitra Oleh-oleh Jampang Suherman mengatakan, pihaknya merasa bersyukur atas bantuan modal usaha dan sarana untuk berwirausaha dari Dompet Duafa. ”Alhamdulillah, masyarakat di desa kami bisa semakin diberdayakan,” singkatnya. (yos/yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *