News, Sport and Lifestyle

Desa Tertinggal Diberi Mobil Siaga

METROPOLITAN.ID | DRAMAGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali memberikan mobil siaga kepada tiga desa yang dinilai berprestasi. Penilaian prestasi tersebut antara lain membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tepat waktu dan sesuai target serta sukses dalam menjalankan sejumlah program pembangunan. Ketiga desa itu yakni Desa Petir, Sinarsari dan Ciherang.
Kepala Desa Petir Engkos Kosasih mengatakan, mobil siaga yang diterima desanya sangat membantu masyarakat yang membutuhkan kendaraan untuk ke rumah sakit atau mobilisasi. Pihak desa nantinya akan membentuk Tim Verifikasi Kendaraan. Hal itu agar kepengurusan mobil siaga bisa ditetapkan dan diserahkan kepada ketua Satgas Desa Siaga.
“Setiap ketua RT harus memiliki kontak pengurus mobil, sehingga apabila ada warga yang membutuhkan bisa langsung menghubungi,” ujar Engkos kepada Metropolitan, kemarin. Dengan kondisi di desanya yang merupakan desa tertinggal, lanjut dia, kebutuhan mobil siaga tentu sangat dinanti masyarakat. “Saya berterima kasih kepada bupati yang telah memberikan mobil siaga, mengingat mobil siaga sangat penting bagi masyarakat,” katanya.
Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan, Kecamatan Dramaga, Ivan Pramudya menuturkan, bantuan yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Bogor itu diberikan kepada tiga desa. Jenis mobil yang akan dipilih adalah Suzuki APV dan Daihatsu Grand Max. Dua jenis kendaraan itu dinilai memadai dan memiliki kabin luas, sehingga leluasa dalam menangani pasien serta penanganan kesehatan bagi masyarakat. Sedangkan perawatan dan kerusakan nantinya tanggung jawab pihak desa.
“Keberadaan mobil siaga ini sangat membantu operasional desa. Terlebih, wilayah tiga desa ini rawan longsor,” ujarnya. Dilibatkannya pihak kecamatan dalam pembelian dan penentuan jenis mobil, lanjut dia, agar tak terjadi penyimpangan. Sedangkan dana pembelian mobil desa siaga akan masuk rekening desa. (ads/b/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *