News, Sport and Lifestyle

Dishub Gelontorkan Rp3,5 Miliar Atasi Macet

METROPOLITAN.ID | TANGSEL– Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah menyiapkan anggaran Rp3,5 miliar untuk mengatasi kemacetan di perkotaan, yakni dengan menerapkan teknologi Area Traffic Control System (ATCS) ini yang akan memantau sekaligus mengurai arus lalu lintas. Rencananya, Agustus 2016 mendatang teknologi itu akan diterapkan.
Kepala Dishubkominfo Tangsel, Sukanta mengatakan, anggaran itu telah dialokasikan untuk pengadaan alat dan pembangunan ruang kendali di Kantor Dishubkominfo. ”Untuk ruang kendali ada di Kantor Dishub. Sedangkan untuk monitor pemantauan dipasang juga di ruang walikota dan ruang saya,” ucap Sukanta saat ditemui di Serpong, kemarin.
Teknologi ATCS ini, diakui Sukanta, sudah sejalan dengan cita-cita Kota Tangsel untuk menjadi smart city. ”Sesuai arahan Bu Wali (Airin Rachmi Diany) dan memang sudah masuk dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah),” bebernya.
Sementara itu, Kasi Rekayasa Lalu Lintas pada Dishubkominfo Tangsel, Ika Kartika menjelaskan, teknologi ATCS  nantinya sebagai pengendali lalu lintas yang ada di Tangsel. Menurut Ika, untuk tahun ini akan ada tiga titik yang dipasangi teknolgi ATCS. ”Tahun ini ada tiga titik. Saat ini sudah masuk tahap lelang di ULP (Unit Layanan Pengadaan),” ucap Ika.(dra/ded/feb/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *