SHARE

METROPOLITAN.ID | SUKABUMI – Beredarnya makanan dan minuman kedaluwarsa di supermarket membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi turun tangan. Melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Sukabumi, pihaknya melakukan operasi ke pasar modern atau minimarket seperti di Jalan RA Kosasih dan RE Martadinata.
Kepala Diskoperindag Kota Sukabumi Ayep Supriatna menyatakan, giat razia makanan dan minuman sengaja dilakukan guna mengantisipasi adanya produk kedaluwarsa di pasar modern dan tradisional. ”Petugas di lapangan rutin melakukan razia, khusunya menjelang tahun baru,” ujar Ayep.
Namun, pada razia terakhir tak ditemukan makanan maupun minuman kedaluwarsa. Pada operasi itu, lanjut Ayep, petugas hanya menemukan produk makanan dalam kemasan kaleng yang rusak. Temuan tersebut ditindaklanjuti dengan meminta pengelola pasar modern menarik barang tersebut dari peredaran.
Selain kemasan rusak, ada produk yang berjamur sehingga harus ditarik dari penjualan. Ayep menuturkan, razia makanan dan minuman kedaluwarsa serta yang tidak layak edar dilakukan untuk menjamin dan melindungi hak konsumen. Khususnya dari dampak mengonsumsi makanan dan minuman kedaluwarsa yang membahayakan kesehatan.
“Sebelum melakukan razia kami memang sudah berikan surat edaran kepada pengelola minimarket untuk tidak menjual makanan dan minuman kedaluwarsa,” pungkasnya. (rep/feb/wan)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY