SHARE

METROPOLITAN.ID – Seorang anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Damayanti Wisnu Putranti ditetapkan sebagai tersangka kasus suap proyek persetujuan anggaran di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PU PR).
Penetapan Damayanti sebagai tersangka usai dirinya menjalani pemeriksaan intensif di KPK setelah ditangkap tangan Tim Satuan Tugas KPK. Selain Damayanti, KPK juga menetapan dua lainnya yakni UWI dan DES sebagai penerima.
”Kami putuskan DWP, UWI dan DES diduga sebagai penerima kepada ketiganya disangkakan Pasal 12 huruf a atau pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Tipikor jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHAP,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo, kemarin.
KPK juga menetapkan satu orang lainnya yakni AKH yang diduga sebagai pemberi. Kepada AKH, KPK menyangkakan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi. ”Terhadap AKH diduga sebagai pemberi,” kata Agus.
Menurut Agus, suap itu diduga sebagai pengamanan proyek di Kementerian PU PR. ”Perkiraaannya adalah proyek di kementerian PU PR,” imbuhnya.
Lebih lanjut Agus mengatakan KPK mengamankan sekitar 99 ribu Dolar Singapura dari hasil operasi tangkap tersebut. Uang diamankan dari Julia Prasetyarini (JUL) Dessy A Edwin (DES) masing-masing 33 ribu Dolar Singapura. Juli dan Dessy diketahui adalah staf Damayanti.
Julia ditangkap di kawasan Tebet sementara Dessy ditangkap di sebuam mal di Jakarta Selatan. ”Dari tangan UWI (panggilan Jul, red) dan DES diamankan uang masing-masing 33 ribu Singapur Dolar,” kata Agus. KPK kemudian menyita uang sebesar 33 ribu Dolar Singapura dari tangan Damayanti.
Lalu siapa sebenarnya Damayanti? Damayanti adalah anggota Komisi V DPR RI yang membidangi Perhubungan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Pembangunan Pedesaan dan Kawasan Tertinggal, Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.
Damayanti maju ke Senayan menggunakan kenderaan PDI Perjuangan dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah IX. Kursi di Senayan berhasil dia duduki setelah mengumpulkan perolehan suara yakni 75.657 suara saat Pileg lalu. Saat ini Damayanti adalah Kepala Departemen Pertanian dan Perikanan di DPP PDIP.
Wanita kelahiran Jakarta 2 November 1970 itu memiliki ijazah sarjana sospol dari Universitas Parahyangan, Bandung. Dia kemudian memperoleh magister hukum dari Universitas Sultan Agung pada 2013.(tib/er/py)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY