SHARE

METROPOLITAN.ID | Jakarta  – Festival Pesona Tambora 2016 yang berlangsung pada 11-16 April 2016 di Nusa Tenggara Barat (NTB) diluncurkan di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur NTB Tgh. M. Zainal Majdi meluncurkan acara tahunan tersebut.

“Acara ini dimaksudkan untuk mengangkat potensi pesona alam dan budaya sekaligus menjadi momentum untuk memperingati peristiwa meletusnya Gunung Tambora,” katanya.

Festival itu akan digelar di Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima NTB yang saat meletus 200 tahun lalu menghebohkan dunia.

Menpar mengharapkan, festival ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia serta mendorong perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) yang tahun ini ditargetkan sebanyak 12 juta orang, dan 260 juta perjalanan wisnus.

Pada kesempatan itu, Menteri Arief menyatakan siap mempromosikan Lombok di NTB secara lebih gencar terutama untuk destinasi wisata halal.

Ia bahkan mengharapkan pertumbuhan jumlah wisatawan ke Lombok NTB naik 50 persen tahun ini dari yang 1 juta wisman menjadi 1,5 juta orang.

“Manfaatkan visa free kalau bisa mohon Gubernur usulkan untuk membuka pintu masuk visa free ke Lombok,” katanya.

Mendunia

Menteri menjelaskan, posisi pariwisata NTB kini semakin mendunia dengan terpilihnya Lombok sebagai The Worlds Best Halal dan The Worlds Best Halal Honeymoon Destination pada ajang World Halal Travel Awards 2015 di Dubai, Uni Emirat Arab.

“Dengan prestasi ini sudah selayaknya kalau NTB mengedepankan tema halal atau friendly tourism sebagai destination branding untuk mendukung country branding Wonderful Indonesia yang kini telah mendunia,” katanya.

Menpar menjelaskan, NTB merupakan destinasi wisata unggulan yang ditempatkan sebagai bagian dari great Bali. Sekitar 40 persen wisman yang berkunjung ke Indonesia, kata Menpar, masuk melalui Bali, dan mereka melanjutkan perjalanannya ke NTB dan destinasi lain di kawasan Timur Indonesia atau Bali Beyond.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur NTB M. Zainal Majdi mengatakan, momentum 200 tahun meletusnya Gunung Tambora diperingati dengan menggelar acara “Tambora Menyapa Dunia  (TMD).

Ia mengatakan khusus festival tersebut, nantinya akan dimeriahkan dengan acara gelar seni budaya, wisata minat khusus dan sport adventure, seminar, serta bakti sosial yang berlangsung selama enam bulan dari Maret hingga Agustus 2015. (ANT)

 

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY