News, Sport and Lifestyle

Foto Pelaku Teror Bom Sarinah Jakarta Menembaki Polisi

METROPOLITAN.ID | Foto pelaku Teror Bom Sarinah Jakarta menembaki polisi terjadi pada Kamis (14/1). Foto paling eksklusif tentang penembakan ini didapatkan oleh pewarta foto kantor berita  Xinhua, Veri. Sementara, rentetan detik-detik teroris menghujani aparat keamanan dengan tembakan juga direkam oleh fotografer Tempo, Aditia Novansyah. Diyakini kuat, sang pelaku tersebut bernama Afif, alias Sunakin, anggota jaringan Sulaiman Aman Abdurahman.

Afifi bukanlah orang baru. Disebutkan oleh Kapolri Jenderal Badroddin Haiti, ia residivis kasus pelatihan perang dan kepemilikan senjata api. Ia berusia 32 tahun, berasal dari Sumedang Jawa Barat. Dikutip dari Sindonews, Afif adalah anak didik Sulaiman Aman Abdurahman, sosok yang mengklaim sebagai amir ISIS wilayah Asia Tenggara. Afif sebelumnya pernah ditangkap pada 2010 lalu.

Afif pernah tinggal di Dusun Duren, Kampung Duren, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Dituturkan oleh Kepala Desa Duren, Abdul Halim kepada detik.com, Afif berada di wilayah tersebut pada 2008. Namun ketika terjadi ledakan bom di hotel JW Marriot dan Ritz-Carlton pada 2009, Afif menghilang. Barulah di kemudian hari, Abdul Halim mengetahui Afif ditangkap di Aceh.

Setelah terbebas dari penjara, Afif sempat terlihat di Duren. Namun disampaikan oleh Abdul Halim,  “Tapi (kemunculannya) hanya sehari. Setelah itu tidak ada yang lihat lagi.”

Dalam peristiwa teror bom Sarinah pada Kamis (14/1) lalu, terdapat 31 korban. Tujuh di antaranya tewas, dan 24 orang mengalami luka-luka. Lima dari tujuh orang yang tewas, adalah pelaku, termasuk yang diduga sebagai Afif.(sidomi.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *