News, Sport and Lifestyle

Gafatar Suka Ajak Warga Nonton Bareng Film Soekarno

METROPOLITAN.ID | Sejak awal 2015 lalu, ormas Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) pernah menempati kantor di Kota Semarang, Jawa Tengah. Namun pada akhir Desember 2015, organisasi jebolan Negara Islam Indonesia (NII) ini telah berpindah lokasi ke daerah lain.
Bukti keberadaan Gafatar di Semarang terlihat dari sebuah bangunan yang pernah menjadi lokasi Gafatar berkantor. Tepatnya di Dukuh Karanggawang RT 02/RW 06, Kelurahan Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Selama hampir satu tahun, Gafatar telah banyak melakukan berbagai aktivitas organisasinya.Hampir setahun di sini. Dulu sering lakukan kegiatan sosial, seperti tanam polibek, kegiatan pemuda, pengobatan gratis hingga kerap melakukan pemutaran layar tancap film Soekarno,” kata Ketua RT setempat, Suhartono kepada VIVA co.id, Selasa, 11 Januari 2015.Di rumah bertingkat itu, kata Suhartono, tercatat dihuni oleh dua orang laki-laki asal Solo. Namun, saban hari sejumlah orang tak dikenal kerap datang dan pergi ke rumah bercat putih abu-abu itu.Nama penghuninya saya lupa tapi pernah menyetorkan KTP (kartu tanda penduduk) dan KK (kartu keluarga) kepada saya selaku RT. Kita juga dulu tidak curiga,” ujar pria yang akrab disapa Tono ini.
Awalnya, warga di perkampungan sekitar tak menaruh curiga terhadap keberadaan organisasi terlarang itu di lokasi tempat tinggalnya. Karena kegiatan yang dilakukan jarang melibatkan warga. Baru setelah berita negatif mengenai Gafatar menyebar luas, warga baru sadar jika rumah tersebut dihuni oleh para anggota Gafatar.
“Warga curiga karena akhir bulan lalu tiba-tiba pindahan. Tepat saat berita Gafatar ini ramai. Tapi pindahnya kemana kami tidak tahu.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *