News, Sport and Lifestyle

Harga Telur Meroket, Penjual Kelabakan

METROPOLITAN.ID | SUKABUMI – Sepekan terakhir sejumlah penjual telur di Sukabumi kelabakan. Pasokan telur dari peternak berkurang. Di sejumlah pasar tradisional, telur ayam naik Rp3.000 dari harga semula Rp22.000 per kilogram.
Seorang pedagang ayam di Pasar Pelita Kota Sukabumi, Ali menuturkan, harga telur ayam per kilogram menjadi Rp25.000. Tak hanya itu, kenaikan juga terjadi pada daging ayam. “Harga ayam potong naik Rp1.000 dari Rp34.000 menjadi Rp35.000,” ungkap Ali.
Dia mengatakan, kenaikan ini sudah terjadi selama sepekan lalu. Walaupun diakuinya permintaan mulai menurun, harganya masih tinggi. Akibat tingginya harga ayam tersebut, kata dia, omzet dagangannya menurun karena relatif banyak pelanggannya beralih membeli lauk-pauk lainnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Disko­perindag) Kota Sukabumi Ayep Supriatna mengatakan, harga daging dan telur ayam beberapa pekan terakhir ini mengalami kenaikan. ”Kedua komoditas yang sudah menjadi makanan pokok masyarakat ini naik karena pasokannya berkurang ke pasar,” katanya.
Walaupun permintaan tetap, lanjut dia, harga naik. Hal ini karena faktor distribusi dari pemasok yang berkurang dan harganya yang sudah naik di tingkat peternak. (tem/feb/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *