SHARE

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Bagi war­ga Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, sepertinya pepatah ‘Bersih Pangkal Sehat’ menjadi semboyan yang berharga. Sebab, di wilayah ini kerja bakti membersihkan saluran air dan jalan menjadi agenda rutin setiap bulannya. Meski Desa Babakan merupakan pedesaan, kondisinya seperti di wilayah perkotaan.
Ketua RT 03/04, Desa Babakan, Arpani mengatakan, kerja bakti ini difokuskan membersihkan saluran air yang menggenang serta mencabuti rumput di jalan dan mengumpulkan sampah yang tercecer. “Di tingkat RT, kami rutin melakukannya sebulan sekali sesuai instruksi kepala desa (kades),” katanya.
Sementara kerja bakti di tingkat desa, dilakukan per tiga bulan sekali yang diperintahkan kades. Sebelum kerja bakti akbar, kades selalu memberikan surat edaran ke setiap RT. “Lalu kami sampaikan ke warga saat pengajian mingguan,” tuturnya.
Selain membuat lingkungan bersih, sambung dia, kerja bakti tersebut dapat menjalin tali silaturahmi antarwarga. “Ini ajang kerja bareng, karena di sini warga berbaur menjadi satu dengan tujuan yang sama,” terangnya.
Ia menambahkan, kerja bakti itu salah satunya membersihkan saluran air. Sebab, sumber penyakit biasanya datang dari genangan air yang mampet. “Di sini (Desa Babakan, red) wilayahnya kumuh, makanya agenda itu terus kami jalankan agar lingkungan bersih,” pungkasnya. (ano/b/suf/py)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY