News, Sport and Lifestyle

Hipmi Atur Strategi Hadapi MEA

METROPOLITAN.ID | CIBINONG – Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sudah di depan mata, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Bogor telah melakukan sejumlah ancang-ancang. Salah satunya dengan melakukan penguatan standar produk lokal sebelum diserbu produk luar negeri yang merangsek tanah air, tak terkecuali Bumi Tegar Beriman.
Menanggapi hal itu, Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Hipmi Kabupaten Bogor Agi Agassi menjelaskan, ada banyak cara untuk beradaptasi menghadapi MEA. “Istilahnya Standar Nasional Indonesia (SNI), kita bersaing dan yakin tak kalah kualitas dengan warga asing,” kata Agi usai silaturahmi dengan jajaran Polres Bogor di Makopolres Bogor, kemarin.
Agi menuturkan, sebenarnya produk yang dihasilkan pengusaha lokal tak kalah dengan luar negeri. Kenyataannya, sudah ada beberapa produk yang di-branding pihak luar. Tak ayal, pengemasan dan pemasaran merupakan pokok masalah yang perlu mendapat pembinaan. “Kualitas produk sudah baik, tinggal kemasan dan teknik pemasarannya yang terus dimutakhirkan,” terangnya.
Kendati demikian, tambah Agi, adanya MEA otomatis menimbulkan efek negatif maupun positif. Dari sisi negatif, bukan tak menutup kemungkinan melemahnya daya saing pengusaha lokal. Sedangkan positifnya, produk lokal mulai membaik dan siap bersaing.
Melihat kondisi tersebut, pihaknya bakal merangkul seluruh pengusaha untuk menghadapi MEA. “Kami akan saling bertukar pikiran bersama, mencari solusi dan strategi bagaimana upaya melakukan perbaikan,” tuturnya.
Sementara dari hasil audensi yang dilakukan dengan Kapolres Bogor AKBP Suyudi Ario Seto di ruangannya, itu merupakan salah satu penguatan komunikasi dengan jajaran Muspida Kabupaten Bogor.
“Kita memperkenalkan kepengurusan Hipmi yang baru, termasuk meminta arahan agar dalam melaksanakan kegiatan tidak melanggar hukum,” ujar Agi.
Di tempat yang sama, Sekretaris Umum BPC Hipmi Kabupaten Bogor Mardani mengatakan, jalinan komunikasi akan terus dilakukan. Salah satu agendanya yakni melakukan safari ke DPRD dan bupati Bogor. “Mudah-mudahan Januari ini rampung semuanya,” tandasnya.(rez/b/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *