News, Sport and Lifestyle

Hobi sejak Sekolah hingga Ikut Kursus

Kisah Sukses Yuliawanti Jadi Penata Rias (1)

METROPOLITAN.ID – Bagi Yuliawanti, menjadi perias bukan sekadar hobi dan cita-cita. Ada motivasi yang lebih besar hingga akhirnya ia bisa melangkah menjadi seorang make-up artis. Hal itu lantaran di dasar hatinya ada niat yang tulus untuk membantu orang lain mempercantik wajahnya.
MERIAS wajah saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa lagi dilepaskan dari hidup seorang wanita. Meski begitu, kebanyakan wanita senang dan bisa berdandan hanya untuk dirinya sendiri. Nah, itulah yang membuat Yuliawanti (36) memilih masuk SMK jurusan Tata Kecantikan.
Lulus dari SMK Negeri 3 Sukabumi pada 1999, tak membuat wanita ini berhenti belajar. Ia terus mengasah kemampuannya di bidang tata rias yang sudah ia dapatkan selama tiga tahun di sekolah. Tanpa menunda lagi, wanita penyuka warna merah ini langsung kursus make-up dan rambut di Johnny Andrean.
Owner Salon and Wedding Organizer Yoerin Yuliawanti mengatakan, saat itu untuk mendalami keahlian di bidang kecantikan tidak semudah dan secepat sekarang. Dibutuhkan waktu hampir setahun hingga bisa lulus dan siap pakai. Tentu saja biaya yang dikeluarkan pun tidak murah, apalagi lokasinya di Depok. “Saya harus rela pulang pergi Bogor–Depok demi menuntut ilmu. Kalau biaya kursus waktu itu Rp2 juta masih dibantu orang tua,” ujar wanita yang akrab disapa Uwie itu.
Lulus dari Johnny Andrean pada 2000, tak membuat Uwie merasa puas. Ia kembali menjalani kursus yang sama di Rudi Hadisuwarno. Untuk memenuhi keperluannya dan membayar kursus, wanita yang lahir pada 1981 ini bekerja secara freelance. Ia kerap dipanggil untuk merias pengantin dan bekerja di salon ketika dibutuhkan. Rutinitas itu pun terus dia jalani sampai akhirnya lulus kursus pada 2002.(fla/c/er/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *