SHARE

METROPOLITAN.ID | TANGSEL – Sebanyak 140 pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang bergerak di bidang pembuatan tempe di RT 12/10, Kelurahan Kedaung, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), dalam waktu dekat segera mendapat pembinaan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tangsel.
Selain akan dilakukan pembinaan, Disperindag Tangsel juga akan memberikan alat untuk meningkatkan produktivitas pengolahan tempe yang akan dilakukan pada April 2016 mendatang.
Kepala Bidang Perindustrian pada Disperindag Tangsel Ferry Payacun menjelaskan, pemberian bantuan dan sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan higienitas dari pengolahan tempe yang dilakukan para pelaku IKM tersebut.
“Selama ini pengolahan tempe dilakukan dengan alat seadanya seperti penggilingan yang dilakukan secara manual dan tempatnya pun kurang higienis. Untuk itu, Disperindag akan melakukan penyuluhan, sosialisasi serta pemberian alat kepada pelaku IKM tempe yang ada di wilayah Kedaung tersebut,” ungkap Fery, kemarin.
Dari 140 IKM tempe yang terdata, nantinya akan dibuat kelompok yang berjumlah 14 kelompok binaan yang akan mendapat bantuan. Bantuan tersebut berupa kompor gas, penggilingan tempe yang standarisasi dan alat-alat lainnya seperti panci yang berbahan dasar stenlis. “Kita ingin mengubah cara tradisional yang digunakan ke arah lebih baik dengan memberikan alat-alat yang sesuai standar dari Badan Standarisasi Nasional (BSN),” bebernya.
Untuk tahun 2016 ini, lanjut Fery, Disperindag menganggarkan sebesar Rp500 juta untuk melakukan sosialisasi pembinaan dan pemberian alat kepada para pelaku IKM tempe. Ditanya kenapa pemerintah harus memberikan bantuan serta melakukan pembinaan bagi para pelaku IKM tempe ini, Fery menjelaskan bahwa para pelaku UKM yang berada di kawasan Kedaung ini setiap harinya menghasilkan 3 kuintal tempe yang dijual ke kawasan Jabodetabek. Bahkan, tempe yang diproduksi IKM ini dikirim juga ke negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand. Jika dengan begitu, Pemkot Tangsel menginginkan produksi mereka lebih higienis. (dra/ded/sal/wan)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY