News, Sport and Lifestyle

HUT ke-46, RSAU Ats Gelar Simposium Evakuasi Medis Udara

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Rumah Sakit Angkatan Udara Atang Sendjaja (RSAU Ats) Bogor menggelar simposium tentang evakuasi medis udara bertajuk ‘Helicopter Aviation Medicine Update Towards Better and Services’ di Hotel Savero, Minggu (10/1).
Simposium tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT ke-46 RSAU Ats yang bertujuan untuk mendapat pengetahuan terbaru tentang masalah kesehatan dan keamanan penerbang helikopter, termasuk aspek kesehatan yang mendukung zero accident.
Acara ini dibagi beberapa sesi dan diisi para ahli dan praktisi kesehatan penerbangan, di antaranya dokter spesialis kedokteran pener­bangan, magister kesehatan penerbangan, dokter spesialis dengan kualifikasi flight surgeon, pilot helikopter dan awak pesawat serta pemerhati kesehatan penerbangan.
Kepala RSAU Ats Letkol Kes Dr Mukti Arja Berlian mengatakan, sebelum simposium pihaknya telah menggelar workshop Evakuasi Medik Udara di Skadron Udara 6 Wing 4 Lanud Ats. Workshop dilakukan untuk terus mening­katkan kemampuan teknis medis personel kesehatan, khususnya pada evakuasi medis udara dengan pesawat helikopter. ”Ini merupakan langkah untuk mengulik informasi tentang kemajuan dan perkembangan ilmu kesehatan penerbangan. Sehingga tercipta kerja sama teknis dalam hal evakuasi medik udara,” kata Mukti.
Untuk simposium sendiri, ia melanjutkan, mengupas tentang teknik evakuasi merujuk pada pasien militer atau umum melalui helikopter, baik untuk kepentingan penerbang, petugas medis, paramedis maupun masyarakat umum.
Di dunia militer sendiri, evakuasi medis menggunakan helikopter udara merupakan hal yang wajib dilakukan, mengingat efisiensi dan efektivitas ambulans helikopter dalam kondisi apa pun sangat membantu dalam evakuasi. (fin/b/sal/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *