SHARE

METROPOLITAN.ID | Jakarta – Pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Pemda DKI menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk mewadahi balapan liar di Jakarta. Pembentukan wadah balapan liar ini untuk menjaring remaja yang memiliki bakat dalam dunia balap motor.

IMI sendiri akan menyiapkan konsep balapan jalanan tersebut menjadi lebih menarik sehingga pihak sponsor akan tertarik. Seperti apa itu?

“Kita perlu sekali minta bantuan, maka tim ini sangat kami apresiasi. Kita punya road race dan drag bike, dari sana kita akan coba tarik atlet berpreatasi yang akan kita naikan ke event kebih tinggi,” jelas Kepala Biro Organisasi IMI DKI Jakarta Sumantri, kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Namun, sambung Sumantri, hal itu masih lama. Yang terpenting saat ini menurutnya adalah bagaimana agar balapan liar yang selama ini tidak terkonsep tidak menimbulkan korban jiwa.

“Tapi itu nanti, itu bonusnya. Tujuan utamanya adalah menyelamatkan manusia tadi,” imbuhnya.

Sementara itu, Sumantri mengatakan, tidak semua lokasi balapan liar akan dijadikan sebagai ‘arena’.

“Tapi nanti kita lihat dulu kemungkinannya apakah lokasi-lokasi yang dipilih itu layak untuk dijadikan sirkuit atau tidak,” lanjutnya.

Calon pembalap, harus terdaftar lebih dahulu dalam wadah organisasi yang dinamakan ‘Organisasi Balapan Kendaraan Bermotor Jakarta’. Calon pembalap juga harus tahu teknik-teknik dalam balapan.

“Setelah itu akan dilatih cara balapan yang benar,” tutupnya.(DET)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY