SHARE

METROPOLITAN.ID | JAKARTA – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengadakan acara pernyataan pers tahunan. Kegiatan ini untuk memberikan laporan kinerja yang dilakukan Kemlu RI selama 2015, dan pada acara tersebut Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi memberikan klaim bahwa Jakarta telah menjadi ibu kota diplomatik dari ASEAN.

Pada hari ini, Kamis 7 Januari, Menlu Retno  menyampaikan apa saja yang menjadi perjuangan dan pekerjaan dari Tim Kemlu RI selama 2015. Ia mengatakan bahwa 2015 adalah tahun yang sibuk untuk kegiatan diplomasi dari Indonesia.

Pada acara pernyataan pers tahunan ini, Menlu Retno juga menjabarkan pertemuan yang diadakan Presiden, Wakil Presiden, Menlu, dan Wakil Menlu RI. Pertemuan itu dilaporkan demi meningkatkan hubungan antara RI dengan negara lain.

“Dalam 2015 telah dilakukan lebih dari 64 pertemuan bilateral oleh Presiden RI, 22 pertemuan oleh Wapres. Lebih dari 155 pertemuan pada tingkat Menlu dan 46 pertemuan Wamenlu,” ucap Menlu Retno di acara Pernyataan Pers Tahunan Kemlu, di Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Disampaikan juga pada acara ini bahwa pada 2015 empat Mitra Wicara ASEAN telah membuka kantor perwakilan di DKI Jakarta. Dengan bertambahnya perwakilan asing ini, menunjukkan bahwa Jakarta sebagai ‘Ibu Kota Diplomatik dari ASEAN’.(OKZN)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY