SHARE

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Kerja bakti merupakan kegiatan yang dapat memberikan efek positif terhadap lingkungan sekitar. Terlebih jika warga yang tinggal memiliki kesadaran untuk menjaga dan merawat lingkungan. Hal itu pula yang diterapkan di Kampung Situpete, RT 01/08, Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor.
Ketua RT 01 Samat menuturkan, membersihkan lingkungan sekitar merupakan langkah untuk memulai hidup sehat. Apalagi, musim hujan seperti sekarang ini warga mudah terserang penyakit. “Kalau kampung bersih, warga yang tinggal di sini juga merasa nyaman. Lagi pula ini baik untuk warga,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.
Tak hanya itu, kerja bakti yang ia terapkan di kampungnya pun dapat menjadi ajang silaturahmi antarwarga. Sebab, kesibukan warga menjadi halangan untuk bersilaturahmi. “Setiap hari mereka sibuk bekerja, nah makanya sebulan sekali kami kumpulkan untuk kerja bakti. Sebab, ada sisi gotong-royong dan kebersamaannya juga,” katanya.
Untuk meningkatkan rasa saling peduli terhadap lingkungan, ia akan berusaha mendorong warga cinta lingkungan. “Semua bisa dimulai dari area rumah, yang penting memiliki niat hidup bersih,” ujarnya.
Tak hanya menerapkan lingkungan sehat, pihaknya juga meminta warga terus melakukan inovasi dengan menyediakan lowongan kerja bagi setiap warga. “Alhamdulillah, sampai saat ini beberapa pemuda juga sudah bekerja di tempat usaha milik saya,” tutupnya. (ano/b/suf/py)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY