News, Sport and Lifestyle

Ingin Wujudkan Desa Mandiri

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, merupakan desa yang kondisi wilayahnya mendekati lingkungan kota. Sebab, kawasan tersebut memiliki Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) yang mahasiswanya datang dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka biasanya tinggal dan menetap sementara di rumah kos. Hal itu diungkapkan Kepala Desa Babakan Syaehu Syam kepada Metropolitan, kemarin.
Ia berharap seluruh warga yang menghuni wilayahnya bisa menaati peraturan desa. “Desa Babakan itu sudah seperti di kota, karena penduduknya dari macam-macam daerah. Saya harap mereka taat aturan,” ujarnya.
Seluruh warga yang tinggal di Desa Babakan, diharapkan tetap menjaga lingkungan. “Di sini banyak mahasiswa, sehingga dituntut kesadarannya. Meski hanya tinggal sementara, mereka harus tetap peduli dengan sekitar,” pintanya.
Ia juga berharap Desa Babakan bisa menjadi desa mandiri, karena tingkat perekonomian yang berputar terhitung besar. Dengan melihat Pendapatan Asli Daerah (PAD), Desa Babakan bisa memajukan ekonominya sendiri untuk membangun desa.
“Kami harap pemerintah desa bisa memberdayakan masyarakat dan memberi peluang untuk mengelola sumber daya yang ada di desa ini,” pungkasnya. (ano/b/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *