News, Sport and Lifestyle

Inspektorat bakal Periksa Seluruh Kades di Ciomas

METROPOLITAN.ID | CIOMAS – Mengawasi dan memeriksa kinerja desa Kecamatan Ciomas tahun anggaran 2015, Inspektorat Kabupaten Bogor melakukan audit atau pemeriksaan terhadap pengelolaan dana desa.
Hal itu disampaikan Ketua Tim Inspektorat Kabupaten Bogor Wilayah Ciomas MB Satriadi saat menggelar Minggon di aula Kantor Kecamatan Ciomas, kemarin.
“Dengan berbagai peraturan tentang pengelolaan anggaran dana desa, juga terkait pertanggungjawaban administrasi dana desa,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.
Sedangkan tim inspektorat, Satriadi, menuturkan, tim audit akan turun ke desa dan melakukan pemeriksaan terhadap semua penggunaan dana desa. Mulai dari SPj penggunaan dana desa, termasuk melakukan pemeriksaan fisik di lapangan.
“Semua akan kita periksa untuk memastikan dana desa tersebut telah dialokasikan dan dimanfaatkan sesuai ketentuan,” ujarnya.
Ia menjelaskan, proses pemeriksaan akan dilakukan tim audit. Saat disinggung soal keluhan masyarakat terkait pengelolaan dana desa, sampai saat ini belum ada laporan resmi dari masyarakat atau pihak manapun kepada inspektorat. Meski begitu, pemeriksaan yang dilakukan inspektorat merupakan pemeriksaan reguler setiap tahun anggaran.
“Ada atau tidak laporan masyarakat soal pengelolaan dana desa. Kami tetap melakukan pemeriksaan karena pemeriksaan rutin yang sekaligus dirangkaikan dengan pembinaan. Pemeriksaan ini akan berlangsung dari 26 Januari sampai 10 Februari,” pungkasnya. (ads/b/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *