News, Sport and Lifestyle

Jaket Bubung, Produk Pasirbuncir yang Mendunia

METROPOLITAN.ID – Jika ingin membeli jaket bubung, tak ada salahnya Anda datang ke Kampung Cisalopa Tengah, RT 01/02, Desa Pasirbuncir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Salah seorang warga kampung tersebut, Saepul Arsad, memproduksi jaket bubung dengan merek dagang Khe-Khe Collection. Ide membuat jaket itu muncul dari Bogor yang terkenal dengan curah hujan yang tinggi. “Jenis jaketnya water prof. Di Bogor kan sering banget hujan, jadi ide itu muncul dari situ,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Dia mengaku, pekerjaannya memproduksi jaket bubung telah ditekuninya selama dua tahun. Bermodal satu mesin jahit serta didorong dengan kegigihan untuk memajukan usaha itu, kini usaha jaket antihujan miliknya semakin berkembang dan memiliki tujuh karyawan dengan lima mesin jahit dan satu mesin obras. “Sekarang sudah mudah dapat pangsa pasar. Bahkan sudah sampai dijual ke luar negeri seperti Arab dan Singapura,” terangnya.
Dari segi penjualannya, ia tak memasarkan ke pasar-pasar, namun ia kini sudah ramai mendapat pesanan dari dalam maupun luar negeri. “Konsumen bilang, jaket buatan saya ini harganya sangat terjangkau dan kualitasnya juga bagus,” katanya.
Meski demikian, ia masih memiliki kesulitan tersendiri seperti belum memiliki mesin bordir. Sebab, dengan ditambahkannya bordir dalam jaket akan menambah kekuatan jaket itu sendiri. “Kalau lagi ada banyak pesanan, kadang kami agak kerepotan karena mesin bordir kami masih menyewa,” terangnya lagi.
Dia berharap Pemerintah Kabupaten Bogor dapat membantu memberikan mesin bordir yang selama ini ia inginkan agar ia dapat mengerjakan produksinya secara cepat dan menambah jumlah produksi. “Warga sini banyak yang meminta pekerjaan. Tapi karena produksinya masih belum bertambah, maka belum diterima. Tapi kalau semua mesin yang sudah lengkap, kami pasti menambah karyawan,” pungkasnya. (ano/b/sal/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *