News, Sport and Lifestyle

Jalur Cipanas Mengekor hingga 14 Km

METROPOLITAN.ID | SUKABUMI – Tingginya volume kendaraan yang masuk dan keluar dari arah Cipanas untuk berwisata, membuat jalur Puncak-Cipanas Cianjur macet total dua arah. Padatnya kendaraan membuat arus lalu lintas terhambat hingga tak bisa bergerak. Bahkan, ekor antrean mencapai 14 kilometer dari dua arah.
Sementara itu, rekayasa lalu lintas yang dilakukan petugas di masing-masing pospam tak membuahkan hasil. Seorang pengedara roda empat, Riri (30) warga Jakarta Timur mengaku telah 2,5 jam terjebak di jalur kemacetan. “Saya sudah lebih dari dua jam di sini. Antrean kendaraan sudah terjadi sejak pukul 2 siang. Antrean terus memanjang karena informasi petugas macet total sudah terjadi sejak siang di jalur utama Cipanas-Puncak dari kedua arah,” keluh Riri.
Hal yang sama terlihat di sejumlah jalur alternatif seperti Jalan Hanjawar-Sukaresmi-Pacet dan pintu keluar tempat wisata seperti Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara, di mana antrean kendaraan wisatawan terus memanjang hingga jalur utama Cipanas-Puncak, laju kendaraan terhenti hingga beberapa jam.
Sementara itu, seorang anggota pospam di Jalur Puncak-Cipanas mengatakan, tingginya volume kendaraan yang datang dari arah Puncak menuju Cipanas atau sebaliknya, kendaraan yang hendak keluar dari arah Cipanas menuju Puncak dan selanjutnya ke Bogor sama-sama tinggi sehingga menyebabkan macet total.
”Meskipun sejak pagi hingga siang sempat dilakukan sistem buka-tutup satu arah, belum bisa mencairkan antrean kendaraan yang terus bertambah dari kedua arah. Bahkan rekayasa arus yang dilakukan tidak membuahkan hasil,” katanya.
Pihaknya mengaku akan kembali berkoordinasi dengan Polres Bogor untuk memberlakukan sistem yang sama sebagai upaya mencairkan antrean, meskipun rencana tersebut harus menunggu laju kendaraan bergerak ke arah Cipanas. (rep/feb/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *