SHARE

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) bertugas menangani kesehatan warga di tingkat desa dan kelurahan. Mulai dari pemberian vitamin, penimbangan dan berbagai penyuluhan kesehatan lainnya. Namun, tugas para kader kini bertambah dengan adanya Program Juru Pemantau Jentik (Jumantik).
Tim Jumantik bertugas mengecek kolam dan genangan air yang dikhawatirkan menjadi sarang jentik nyamuk guna menangkal Demam Berdarah Dangue (DBD). Tim tersebut bekerja di bawah Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kelompok Kerja (Pokja) 4 yang bertanggung jawab di bidang kesehatan.
Ketua Pokja 4 Fatmah mengatakan, Tim Jumantik bekerja untuk memberantas perkembangan jentik nyamuk agar tidak berkembang dan menjadi wabah penyakit. Kegiatan tersebut dilakukan satu bulan sekali dengan menyisir tempat yang memungkinkan ditemukannya jentik nyamuk. “Kegiatan ini untuk mengantisipasi mewabahnya penyakit yang disebabkan nyamuk aedes aegpty,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.
Meski Program Jumantik saat ini tengah digalakkan, lanjut Fatmah, pelayanan posyandu seperti memantau perkembangan anak juga tak lepas dari pengamatannya. (ano/b/suf/py)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY