News, Sport and Lifestyle

Kabupaten Sukabumi Capai Swasembada Pangan

METROPOLITAN.ID – Setelah mengalami surplus produksi pada 2015, Dinas Pertanian Tanaman Pangan (DPTP) menggelar kembali destiminasi khusus upaya pencapaian target produksi padi, jagung dan kedelai (pajale) di Kabupaten Sukabumi dengan menggandeng Komando Distrik Militer (Kodim) 0622 Kabupaten Sukabumi bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) di setiap wilayah.
Kepala DPTP Kabupaten Sukabumi H Sudrajat menyebutkan, rapat koordinasi khusus upaya pencapaian target produksi 2016 sebagai upaya peningkatan surplus target produksi dari 2015. Upaya itu dilakukan karena Menteri Pertanian menginginkan pelaporan perkembangan harus secara per hari yang sebelumnya per minggu.
“Untuk mengoptimalkan potensi yang ada, petugas di lapangan harus terus melaporkan secara per hari. Sekarang Komandan Rayon Militer (Danramil) seluruhnya dikerahkan, Badan Penelitian Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan (BP3K) dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pertanian juga dikumpulkan. Pematerinya dari Kementerian Dinas Pertanian setempat dan Komandan Distrik Militer (Dandim),” ungkapnya.
Dia menambahkan, Program Pajale 2015 dari sisi pencapaian produksi tercatat sesuai sasaran yang ditentukan. Malah surplusnya lebih dari 7.000 ton, namun dari sasaran tanam tidak tercapai hampir 6.660 hektare.
“Alhamdulillah produksi sudah tercapai. Padi sawah ada di kisaran 64 kuintal/hektare, padi gogo ada di rata-rata 37 kuintal/hektare dan rata-rata padi ada di 60 kuintal/ hektare,” sebutnya.
Sasaran tanam tahun ini, terang dia, malah bertambah lagi hampir 10.000 hektare dari 158.000 hektare menjadi 168.000 hektare. Capaian target produksi dan sasaran luasan tanam tergantung lama tidaknya curah hujan. “Apakah tahun ini musim hujan sampai April atau sampai Juni. Nah, ini menjadi tanda tanya bagi saya. Mudah-mudahan saja hujan cukup konsisten sampai bulan Juni bahkan Juli. Insya Allah, sasaran kita tercapai,” tuturnya.
Saat ini, dia menyebutkan Kabupaten Sukabumi sudah dalam posisi swasembada pangan. Produksi beras hampir mencapai 3.500 ton. Hal ini hampir memperoleh angka 5.500 ton dari hasil akumulasi gabah ke beras. (sop/hep/sal/run/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *