News, Sport and Lifestyle

KAI Hitung Peningkatan Kecepatan Kereta Jakarta-Surabaya

METROPOLITAN.ID | JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) tengah menghitung peningkatan kecepatan kereta Jakarta-Surabaya. Hal ini menyusul permintaan untuk meningkatkan kecepatan KA yang selama ini rata-rata masih 70 km/jam

“Kalkulasi kasih saya waktu satu atau dua minggu lagi. KA cepat Jakarta-Surabaya sedang kita hitung-hitung. Kalau memang itu bisa untungkan pemerintah dan rakyat kita usahakan,” ujar Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro di Jakarta Railway Center (JRC), Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Dia menjelaskan, proyek itu tidak sama dengan rencana pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang diusung konsorsium empat perusahaan BUMN (WIKA, Jasa Marga, KAI dan PTPN VIII).

“Ini bukan KA cepat, ini trek yang ada itu dibuat kecepatannya meningkat. Sesuai pernyataan Wapres (Jusuf Kalla) bilang sudah ada kok masih 70 km/jam kecepatannya, bisa lebih lagi tidak,” imbuhnya.

Menurut Edi, untuk bisa mewujudkan keinginan JK persilangan yang ada di sepanjang jalur kereta api Jakarta-Surabaya harus dihilangkan. “Persilangan harus hilang. Kalau tidak, banyak becak dan motor keangkut ke Jakarta,” pungkasnya.(SN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *