SHARE

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Kepala Desa (Kades) Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Rusyadi terus berupaya dan mengajak warga menjaga kebersihan lingkungan.
Salah satunya dengan Program Jumat Bersih (Jumsih) dan Kerja Bakti Akbar setiap bulannya. Kegiatan tersebut difokuskan untuk membersihkan saluran air dan jalan desa. “Dulu kegiatan jumsih selalu diagendakan setiap Minggu, tapi sekarang setiap bulan untuk tingkat desa,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.
Ia berharap seluruh warga Desa Cibalung antusias melakukan kerja bakti, baik mingguan maupun bulanan, agar kebersihan lingkungan tetap terjaga. “Kalau lingkungan bersih, kami yakin penyakit juga enggan datang,” ujarnya.
Tak hanya tingkat desa, lanjut dia, kerja bakti dan bebersih juga selalu dilakukan setiap RT. Bahkan, ia selalu mengimbau warga untuk melestarikan budaya gotong-royong. “Kami yakin warga masih peduli dengan lingkungan sekitar. Apalagi, jika ada edaran dari pemerintah desa, mereka sangat antusias,” katanya.
Seperti yang terjadi belum lama ini, warga mengaku antusias ketika kerja bakti saat pembukaan jalan. Warga pun kompak bahu-membahu menggali dan meratakan tanah bersama. “Intinya, warga di sini masih sering bergotong-royong. Kami juga berharap kegiatan sosial ini terus ditingkatkan, mulai dari tingkat RT hingga desa,” pungkasnya. (ano/b/suf/py)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY