SHARE

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Membersihkan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya harus datang dari kesadaran masyarakat sendiri. Untuk menciptakan lingkungan bersih dan nyaman, Pemerintah Desa (Pemdes) Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, menerapkan gaya hidup sehat kepada setiap warganya.
Kepala Desa (Kades) Dramaga Yayat Supriatna mengatakan, membersihkan lingkungan sudah menjadi kewajiban seluruh warga. Dengan menerapkan sistem ini, warga tak perlu mengagendakan kerja bakti rutin. “Kerja bakti biasanya dilakukan per RW, tergantung wilayah RW mana yang harus kerja bakti,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.
Menurut dia, lingkungan bersih merupakan titik awal gerakan Revolusi Mental dalam peduli lingkungan dan mencegah mewabahnya Demam Berdarah Dengue (DBD). ”Gerakan aksi peduli lingkungan menjadi syarat agar bisa hidup sehat. Dengan begitu, warga pasti merasa nyaman,” katanya. Ia menambahkan, gerakan peduli lingkungan yang terakhir dilakukan yakni memperbaiki jalan dengan swadaya masyarakat yang dikerjakan secara gotong-royong. “Alhamdulillah sekarang ini jalan sudah terlihat bagus. Ini berkat kerja sama yang baik dari warga dan bukti nyata kepedulian mereka terhadap lingkungan,” pungkasnya. (ano/b/suf/py)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY