SHARE

METROPOLITAN.ID | NANGGUNG – Peredaran bahan kimia pemisah tanah dengan emas (mercuri) yang dijual secara ilegal terus menjadi sorotan. Seorang pengurus DPD KNPI Kabupaten Bogor Yosi Ridwan Hidayat meminta kepolisian memberantas peredaran zat kimia mematikan tersebut.
“Saya sebagai warga Bogor Barat merasa miris. Apalagi, selama bertahun-tahun ekosistem di Kecamatan Nanggung dirusak dengan pemakaian zat berbahaya itu,” ujarnya.
Ia berharap pemerintah dan kepolisian tidak setengah hati memberantas peredaran cairan kimia berbahaya tersebut agar tidak digunakan penambang emas ilegal.
Menanggapi hal itu, Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Aulia Djabar mengaku sudah berkoordinasi dengan polsek terkait untuk menertibkan peredaran zat kimia mercuri yang tak berizin di wilayah barat, Kabupaten Bogor. “Jika ada peredaran mercuri yang tidak berizin, pasti akan kami sikat,” tegas Aulia kepada Metropolitan, kemarin.
Ia juga mengaku telah mengamankan 17 ton mercuri yang diamankan dari kurir yang ada di Kabupaten Bogor. “Kasus ini masih dalam penyelidikan dan belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka,” pungkasnya.(ads/b/yok/py)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY