News, Sport and Lifestyle

Longsor, 4 Rumah Tertimbun

METROPOLITAN.ID | BABAKANMADANG – Ambruknya tebing setinggi 30 meter menimpa empat rumah yang berada di bawahnya di Kampung Wangunlandeuh, RT 01/08, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakanmadang, Sabtu (2/1/16) petang. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.
Ketua RT 01/08 Dedi mengatakan, tebing itu longsor lantaran diguyur hujan deras. “Longsor ini terjadi Sabtu petang sekitar pukul 17:30 WIB. Waktu itu hujan deras mengguyur kampung ini. Tanah dan pohon yang ada di tebing setinggi 30 meter itu  pun bergeser dan tumbang,”   jelasnya.
Ia menjelaskan, masyarakat bergegas mengevakuasi warga yang masih ada dalam rumah. Saat ini sudah diungsikan ke rumah warga yang lebih aman.   Kejadian ini menimbulkan kerusakan pada empat rumah milik warga, di antaranya Pudin (40) rusak berat dan rumah Baas (45), Majid (55) serta Ajum (50) rusak ringan.
“Saat ini warga beserta aparat kepolisian Polsek Babakanmadang dan petugas Tagana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bogor sedang membersihkan lumpur yang masuk ke rumah warga,” paparnya.
Sementara itu, petugas Tagana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Sukri Sumantri menjelaskan, pergeseran tanah terjadi di beberapa titik di kampung tersebut. Namun, hal ini tidak menyebabkan kerusakan parah dan  hanya satu rumah yang rusak berat.
“Pergeseran tanah di kampung ini mengakibatkan beberapa tebing longsor, namun tidak menimbulkan kerusakan pada rumah warga,” singkatnya.(hb/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *