SHARE

METROPOLITAN.ID – Lilis Wahyuni (25) masih terbaring lemas di RSUD Kota Bogor. Wanita yang melahirkan di trotoar Jalan Pajajaran, Kota Bogor itu mengaku sudah bercerai dari suami, meski kala itu sedang hamil. Dengan perut membuncit, Lilis yang berasal dari Lampung itu datang ke Bogor untuk mencari pekerjaan. Lilis pun berencana membawa anaknya ke kampung halamannya.
Ditemui Metropolitan di RSUD Kota Bogor, kondisi Lilis (sebelumnya ditulis Imas Wahyuningsih) mulai membaik pasca dirawat di RSUD Kota Bogor. Lilis sempat kehilangan banyak darah lantaran melahirkan seorang diri tanpa bantuan bidan ini nampak masih linglung saat dikunjungi di Ruang Lavender RSUD Kota Bogor.
Lilis mengatakan, ia datang ke Bogor bersama rombongan teman-temannya yang juga ingin mencari pekerjaan. Beberapa temannya berhasil mendapat pekerjaan, sedangkan dirinya yang tidak membawa surat-surat (ijazah) dan dalam kondisi hamil tidak bisa mendapat pekerjaan. “Saya sudah seminggu di Bogor, tidurnya di dalam bus,” ujar Lilis kepada Metropolitan, kemarin.
Di Bogor, dirinya tidak mengenal siapa pun. Selama ini ia makan atas bantuan kenalannya yang merupakan sopir bus di Terminal Baranangsiang. Lilis mengaku, ia sudah bercerai dengan suaminya dan ada dua anaknya yang tinggal di Lampung. “Anak mau saya bawa ke Lampung saja,” tuturnya sambil memainkan rambut panjangnya.
Sementara itu, Humas RSUD Kota Bogor Okto mengatakan, Lilis sudah menjadi tanggung jawab Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi (Disnakersostrans) Kota Bogor. Sebab, Lilis tak mempunyai identitas dan dianggap orang telantar. “Kalau nanti dia sudah sehat akan diurus Disnakersostrans. Kami hanya bagian merawat sampai sehat saja,” kata Okto.
Sebelumnya diberitakan, seorang perempuan dengan napas terengah-engah tergeletak di pinggir Jalan Pajajaran, Kecamatan Bogor Timur. Kondisinya lemah tak berdaya. Darah terus bercucuran dari bagian atas pangkal paha dan melumuri kakinya. Sambil menahan sakit, Lilis berteriak usai melahirkan seorang bayi laki-laki mungil di trotoar.
Bayinya sempat terlilit tali pusar. Beruntung, walau  tanpa pertolongan medis, perempuan itu dapat melewati persalinan dengan lancar. Warga yang melintas di Jalan Pajajaran, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor pun mendadak heboh dengan kelahiran bayi laki-laki di trotoar tersebut. Lilis langsung dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Kota Bogor, sedangkan sang bayi yang diketahui lahir prematur dimasukkan ke inkubator. (fla/c/er/wan)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY