News, Sport and Lifestyle

Melalui Gemuruh, Bangkitkan Gotong-royong

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Pemerintah desa berlomba-lomba membuat program untuk melestarikan budaya gotong-royong. Tujuannya untuk membangkitkan budaya tersebut yang kini mulai ditinggalkan masyarakat. Salah satunya yang dilakukan warga Kampung Cisalopa Tengah, RT 01/02, Desa Pasirbuncir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Para pemuda kampung itu membentuk Gerakan Pemuda Mulung Runtah (Gemuruh) atau bisa disebut pemuda mungut sampah. Mereka melakukan kegiatan memungut sampah dua minggu sekali.
Tokoh Pemuda Kampung Cisalopa Tengah, Desa Pasirbuncir, H Makin Nul Amin mengatakan, budaya gotong-royong perlu dibangkitkan kembali. Sebab di dalam gotong-royong terdapat kebersamaan yang baik untuk menjalin silaturahmi. “Kalau budaya gotong-royong terus berjalan, saya yakin pekerjaan akan menjadi lebih ringan,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.
Biasanya, kata dia, warga banyak terpisah menjadi beberapa golongan. Sehingga, ia akan berusaha menghilangkan pemisah tersebut. “Lewat gotong-royong, tua muda bersatu tanpa ada pemisah. Jadi mereka lebih akrab,” katanya. Ia mengaku di Desa Pasirbuncir, komunitas pemuda Gemuruh hanya ada di Kampung Cisalopa Tengah, RT 01/02. Meski demikian, Pemdes Pasirbuncir mengimbau agar Gemuruh dikembangkan ke RT dan RW yang lain. “Pak kepala desa sangat mendukung gerakan ini dan diharapkan terus berkembang,” ujarnya.
Dia berharap, melalui Gemuruh warga Kampung Cisalopa Tengah terus kompak dalam menjaga lingkungan dan Gemuruh bisa dicontoh untuk daerah-daerah lain. “Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh untuk warga lain demi menjaga tradisi dan lingkungan,” pungkasnya. (ano/b/sal/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *